"Selamat Datang di blog ini!. Semoga blog ini dapat menambah wawasan Anda ya. Maaf jika ada kata-kata yang salah. ~Terima Kasih!~ "
Selasa, 09 Februari 2016
Teknologi Informasi dan Komunikasi
BAB I - PENGENALAN INTERNET
1. Pengertian Internet dan Internet
A. Pengertian Internet
Kata "internet" berasal dari bahasa Latin, "antara" dan secara garis besar berarti jaringan antara atau penghubung. Internet adalah kepanjangan dari Interconnected Network yang berarti jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung dan mengacu pada gabungan jaringan komputer di seluruh dunia. Ada dua peranan internet yang sangat penting, yaitu :
a. Sebagai sumber data dan informasi
b. Sarana pertukaran data dan informasi
Adapun dampak positif dan negatif internet, yaitu :
a. Dampak positif
~ Sumber penghasilan
~ Sumber informasi
~ Internet sebagai media komunikasi
~ Kemudahan berbisnis
b. Dampak negatif
~ Penipuan
~ Pornografi
~ Mengurangi sifat sosial
~ Kecanduan
B. Pengertian Intranet
Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi internet, diperkenalkan pada akhir tahun 1955. Umumnya jaringan ini dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu untuk menghubungkan komputer-komputer dalam suatu gedung atau kantor. Jadi, intranet adalah jaringan lokal. Sebuah jaringan harus memiliki beberapa komponen untuk membangun internet, yaitu protokol internet (protokol TCP/IP, alamat IP, dll), klien, dan server. Protokol yang sering digunakan adalah protokol HTTP dan lainnya (FTP, POP3 atau SMTP). Keuntungan intranet, yaitu produktivitas kerja, efisiensi waktu, efektivitas biaya, sistem publikasi web, keseragaman biaya, dll. Sedangkan kelemahannya, yaitu informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektivitasnya, pertimbangan keamanan data, diperlukan pelatihan/training untuk mendidik karyawannya menggunakan intranet, bebasnya pengiriman pesan antarpengguna sehingga menjadi overload (data penuh) jika tidak dikontrol dengan baik.
2. Sejarah Internet
Internet dikembangkan pada 1969 dan menghubungkan empat institusi dalam satu jaringan yang dinamakan ARPAnet (Advanted Research Projects Agency Network). Keempat institusi tersebut adalah Universitas California Los Angeles, Universitas California Santa Barbara, Universitas Utah, dan Stanford Research Institute. Pada 1975, kepengurusan internet dipindahkan kepada US Defense Communication Agency. Tujuan awal dibentuknya internet adalah membentuk suatu jaringan komputer yang tersebar dan jika terjadi peperangan, informasi tidak akan hilang karena informasi tersebut disimpan pada beberapa komputer. Keuntungan internet adalah kemudahan dalam memperoleh informasi, mendukung transaksi dan operasi bisnis, belajar secara online, dan mencari beasiswa untuk sekolah di dalam atau luar negeri. Sedangkan kelemahannya, yaitu kemudahan orang untuk menjiplak karya orang lain, kejahatan penggunaan kartu kredit, perusakan sistem operasi komputer melalui virus, dan terlalu asyik chatting sehingga lupa waktu.
3. Aplikasi-aplikasi dalam Internet
A. File Transfer Protokol adalah suatu aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain.
B. Telnet adalah suatu aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer lain yang letaknya lebih jauh.
C. Gopher adalah suatu aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet dalam bentuk teks.
D. Pocket Internet Gopher (PING) adalah suatu aplikasi internet yang digunakan untuk mengecek koneksi pada komputer satu ke komputer lainnya yang terkoneksi dengan internet dengan cara mengirimkan sejumlah data.
E. Facebook adalah sarana sosial yang menghubungkan orang-orang dengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitar mereka.
F. World Wide Web (WWW) merupakan suatu bentuk dokumen di internet yang di simpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia.
G. Electronic Mail (E-mail) merupakan suatu aplikasi di internet sebagai sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik.
H. Mailing List (Millis) merupakan salah satu aplikasi internt yang digunakan sebagai sarana diskusi.
I. Newsgroup adalah suatu aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain yang mempunyai kepentingan dan ketertarikan bersama dalam topik-topik tertentu.
J. Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi langsung dalam bentuk teks.
BAB II - Sistem Jaringan
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam satu kesatuan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Tujuan jaringan komputer, yaitu komunikasi, akses informasi, dan membagi sumber daya. Adapun manfaatnya, yaitu berbagi sumber daya (sharing resources), sarana komunikasi, integrasi data, keamanan data, dan efisiensi sumber daya.
1. Jenis jenis Jaringan Komputer
A. Jaringan komputer berdasarkan metode distribusi data
a. Jaringan terpusat
b. Jaringan terdistribusi
B. Jaringan komputer berdasarkan hubungan fungsional komputer dalam pemrosesan data
a. Jaringan peer to peer
b. Jaringan client-server
C. Jaringan komputer berdasarkan jangkauan wilayahnya
a. LAN (Local Area Network)
b. MAN (Metropolitan Area Network)
c. WAN (Wide Area Network)
D. Jaringan komputer berdasarkan metode koneksinya
a. Jaringan nirkabel
b. Jaringan berkabel
E. Jaringan komputer berdasarkan topologinya
a. Ring Topology (Topologi Cincin)
b. Bus Topology (Topologi Bus)
c. Star Topology (Topologi Bintang)
d. Tree Topology (Topologi Pohon)
2. Protokol Jaringan Komputer
A. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
B. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
C. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
D. FTP (File Transfer Protocol)
3. Perangkat Keras Jaringan Komputer
A. Terminal
a. Terminal pengumpul data
b. Terminal khusus
B. HUB atau Concentrator
C. Switch
D. NIC (Network Interface Card)
E. Router
F. Kabel
a. Thick Ethernet (Thicknet)
b. Twisted Pair Ethernet
c. Fiber Optic
d. Thin Ethernet (Thinnet)
G. Modem
H. Repeater
I. Bridge
4. Cara Membuat LAN Sederhana
Peralatan yang dibutuhkan :
A. Dua atau lebih PC
B. Network card sesuai dengan jumlah PC
C. Kabel coaxial atau UTP
D. HUB bila diperlukan
E. Terminator
F. T-Connector
Langkah-langkah pembuatan :
A. Sebelumnya, kita harus mengetahui dahulu tipe jaringan yang ingin kita gunakan. Saat ini, tipe jaringan yang sering digunakan adalah tipe bus dan tipe star.
B. Pasanglah kabel dan network card; pemasangan kabel disesuaikan dengan topologi atau tipe jaringan yang kita pilih sedangkan pemilihan network card disesuaikan dengan slot yang ada pada motherboard kita. Bila board yang kita punya slot PCI, maka itu lebih baik karena LAN card berbasis PCI bus lebih cepat dalam tranfer data.
C. Bila kita menggunakan tipe bus maka pada masing-masing komputer harus kita pasang T-Connector yang memiliki 2 input. Pada komputer yang hanya mendapat 1 input pada input kedua harus dipasang terminator kecuali bila kita membuat jaringan berbentuk circle (lingkaran) dimana semua komputer mendapat 2 input. Misalnya, komputer 1, komputer 2, komputer 3 berjajar maka T-Connector pada komputer 1 dipasang terminator dan kabel ke komputer 2. Pada komputer 2, dipasang kabel dari komputer 1 dan kabel ke komputer 3. Sedangkan komputer 3 dipasang kabel dari komputer 2 dan terminator.
D. Bila kita memilih tipe star maka masing-masing kabel dari komputer dimasukkan ke dalam port yang tersedia di HUB dan bila kita ingin menghubungkan HUB ini ke HUB lainnya, kita gunakan kabel UTP yang dimasukkan ke port khusus yang ada pada masing-masing HUB.
BAB III - Kecepatan Akses Internet dan Perangkat Keras Internet atau Intranet
Kecepatan transfer data adalah jumlah data dalam bit yang melewati satu media tertentu dalam satu detik dan ditulis dalam bit perdetik (bit per second) dan disimbolkan dengan bits atau bps. Berikut ini istilah-istilah yang sering keluar :
A. Download adalah kegiatan menyalin data, file atau aplikasi dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan ke komputer lokal.
B. Upload adalah kegiatan menyalin data, file atau aplikasi dari komputer lokal ke internet (server).
C. Downstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan download dengan kecepatan maksimum sampai dengan 284/512 kbps.
D. Upstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan upload dengan kecepatan maksimum sampai dengan 64 kbps.
1. Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet
A. Keamanan Data
B. Layanan yang Diberikan
C. Teknologi yang digunakan
D. Bandwidth
E. Server Proxy
F. Backbone
2. Kecepatan Internet sesuai dengan Saluran yang digunakan
A. Kecepatan akses internet-HSDPA
Sebuah protokol telepon genggam disebut sebagai teknologi 3,5 G yang disebut High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA). HSDPA fase pertama berkapasitas 4,1 mbps. kemudian, menyusul fase 2 berkapasitas 11 mbps dan kapasitas maksimal downlink peak data rate hingga mencapai 14 mbit/s. HSDPA memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS/3G) yang memungkinkan untuk penggunaan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4, mbit atau detik arah turun). Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada komunikasi downstream (arah bawah) menuju telepon genggam. Dalam hal kecepatan download diakatakan sebagai berikut.
a. Di lingkungan perkantoran yang padat pengguna dapat menikmati streaming video dengan perkiraan kecepatan 300 kbps.
b. Di lingkungan perumahan teknologi dapat melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 mbps.
c. Dalam keadaan bergerak seseorang yang sedang berkendaraan di jalan tol berkecepatan 100 km/jam dapat mengakses internet berkecepatan 1,2 mbps.
B. Kecepatan akses internet-Wi-Fi
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity. Teknologi jaringan tanpa kabel biasanya menggunakan frekuensi tinggi pada spektrum 2,4 GHz.
C. Kecepatan akses internet-Wireless Broadband
WiBro (Wireless Broadband) yaitu layanan internet portabel yang dipancarkan pada frekuensi 2,3 Gigahertz (Ghz). Teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSDPA yang memiliki kemampuan mengirim data hingga 14 Mbps.
D. Kecepatan akses internet-LAN
Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus-kampus, dan warnet-warnet. LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3. Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100 atau 1.000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-Fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Jaringan TV kabel dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).
E. Kecepatan akses internet melalui Jalur PSTN atau Dial-Up
Jenis komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem disebut dengan dial-up. Kecepatan akses internet menggunakan dial-up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 kbps.
F. Kecepatan akses interneT-ADSL
Suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz disebut dengan ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). Bandwidth maksimum yang diperoleh apabila kita menggunakan ADSL adalah sebagai berikut.
a. Untuk line rate 384 kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 337 kbps
b. Untuk line rate 384 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 40 Kb/s
c. Untuk line rate 512 kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 450 kbps
d. Untuk line rate 512 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 52 Kb/s
G. Kecepatan akses internet-GPRS
Komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio disebut dengan GPRS (General Packet Radio Service). Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2,5 G. Dalam teorinya, GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook, dan handheld komputer.
3. Perangkat Keras Akses Internet atau Intranet
A. Seperangkat Komputer
a. Hardisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
b. VGA Card dan Monitor VGA merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor (VGA Card minimal 4 MB).
c. Sound Card adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan dan merekam suara.
d. Processor disebut juga Central Processing Unit (CPU) atau microprocessor.
e. Memory (RAM) berasal dari bahasa Inggris, yaitu Random Access Memory adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak mempedulikan letak data tersebut dalam memori.
B. Modem
Adalah singkatan dari Modulator-Demodulator. Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital. Modem merupakan gabungan kedua-duanya, yaitu sebagai alat komunikasi dua arah. Secara fisik, modem dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Modem Eksternal
b. Modem Internal
C. Jaringan Komunikasi
a. Satelit
b. Handphone
c. Saluran telepon (line telepon)
d. TV Kabel
e. ISDN
D. ISP (Internet Service Provider)
Merupakan kepanjangan dari Internet Service Provider yang berarti perusahaan yang menawarkan jasa layanan kepada kita untuk terhubung dengan internet. Pemilihan kriteria terhadap layanan yang cocok dan terbaik dari sebuah Internet Service Provider adalah sebagai berikut :
a. Layanan yang disediakan
b. Biaya
c. Modem
d. Teknologi yang digunakan
e. Keamanan data
f. Kecepatan transfer data
g. Bandwidth
h. Server Proxy
i. Backbone
Beberapa perusahaan di Indonesia yang menyediakan jasa layanan internet (ISP) dengan cara berlangganan antara lain :
a. www.indosat.net.id
b. www.telkom.net.id
c. www.pacific.net.id
d. www.vicion.net.id
e. www.link.net.id
f. www.indi.net.id
g. www.cbn.net.id
h. www.wasantara.net.id
i. www.commerce.net.id
g. www.spot.net.id
4. Perangkat Lunak (Software) Akses Internet
A. Software Chat
B. Software Mail
C. Software Akses Web
D. Software Aplikasi FTP
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar